Cara Sederhana dan Cepat Menguji Keaslian Madu

Cara Sederhana dan Cepat Menguji Keaslian Madu

Madu memang sudah dikenal sebagai salah satu bahan/obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun tentunya hal ini dapat terjadi bila anda menggunakan madu yang 100% asli tanpa campuran apapun.

Namun sayangnya, saat ini peredaran madu palsu sudah merambah ke berbagai tempat dan tentunya ini sangat meresahkan. Yang dimaksudkan dengan madu palsu disini adalah madu yang sudah dicampur dengan bahan lainnya yang dapat mempengaruhi khasiat dan manfaat madu. Terlebih lagi di Indonesia sendiri belum ada lembaga resmi yang dapat menguji kualitas madu yang terjual di pasaran.

Nah, untuk menghindari produk madu palsu tersebut, sebaiknya anda mengujinya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, berikut penjelasan selengkapnya.

Tips Menguji Keaslian Madu

  1. Mengocok madu

 Sebelum membeli madu, anda bisa menguji keaslian madu tersebut dengan cara mengocok madu di dalam botol pengemasnya. Bila madu asli, pada saat dikocok akan mengeluarkan buih. Sedangkan pada madu palsu, tidak akan ada. Cara ini efektif anda lakukan pada saat sebelum membeli madu.

  1. Menggunakan air

 Anda bisa menguji keaslian madu dengan menggunakan air. Ciri utama dari madu murni adalah tidak ada kandungan air di dalamnya. Sehingga jika anda ingin menguji keaslian dari madu tersebut, anda bisa mencoba menuangkan satu sendok madu ke dalam air di sebuah gelas. Bila madu tersebut asli, maka madu tak akan bercampur dengan air meskipun anda mengaduknya terus menerus. Sedangkan jika madu palsu, akan sangat mudah tercampur dengan air.

  1. Meneteskan ke atas kertas

 Uji keaslian lainnya dapat anda coba dengan meneteskannya ke selembar kertas. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, madu asli tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Sehingga pada saat anda teteskan ke atas kertas, madu tidak akan mudah terserap di pada kertas. Berbeda dengan madu palsu yang akan mudah terserap pada kertas.

Nah itu tadi diatas beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menguji keaslian madu. Nah, selamat mencoba.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Development and Maintenance by Ilmisani Media